ChemDraw

chemdrawlogo

Apa itu ChemDraw Ultra?

Salah satu kegunaan Teknologi informasi dalam bidang kimia adalah aplikasi ChemDraw. ChemDraw merupakan salah satu program aplikasi dari Chem Office, untuk menggambar struktur 2D dalam bidang ilmu kimia, terutama kimia organik, biokimia, dan polimer. Software ini dapat membantu kita dalam menggambar struktur kimia dengan berbagai fasilitasnya. Sofware ini banyak memilki kelebihan untuk mempermudah kita menggambar rumus kimia. Untuk menggambar rumus molekul kimia Chem Office menyertakan Chem Draw dan Chem 3D.

Chemdraw merupakan software kimia dari produk CambridgeSoft.com. ChemDraw memiliki banyak fungsi, diantaranya membuat nama dan struktur senyawa, membuat struktur streokimia dengan benar dari nama kimia, menghitung rumus molekul dan berat molekul, dan mendapatkan nama IUPAC dengan akurat dari struktur. Perkiraan spektra NMR dari struktur suatu senyawa dengan atom langsung dengan korelasi spektral. Selain itu, ChemDraw dilengkapi dengan peringatan jika terjadi kesalahan dalam pembuatan struktur kimia. Peringatan tersebut biasanya berwarna merah dan mengelilingi bagian struktur yang salah.

Meskipun software lama, software ini sangat bermanfaat, khususnya bagi kita yang keseharian berkecimpung di bidang kimia. Program gratis ini dapat digunakan untuk menggambar berbagi bentuk atau rumus molekul senyawa. Jadi, kita tidak repot menggambar di Word yang super rumit. Tentu saja yang paling membantu adalah kita bisa copas hasil gambar kita ke Word, bahkan bisa diedit juga.

Berikut ini saya akan menjelaskan bagaimana untuk membuat reaksi kimia menggunakan ChemDraw. Kali ini saya akan membuat sebuah reaksi antara benzene dan HBr, dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi ChemDraw. Sebelumnya pastikan aplikasi ini sudah terinstal di PC anda. Kemudian akan muncul tampilan default seperti ini.

cd12. Pilih structur benzene pada bagian toolbar dengan cara megkliknya. Maka tampilannya akan seperti ini.

cd23. Kemudian untuk menambahkan symbol “+” klik ikon Chemycal Symbol

cd34. Kemudian tuliskan senyawa “HBr” ,yaitu dengan mengunakan toolbar seperti pada gambar berikut.

cd45. Selanjutnya beri tanda panah yang tersedia pada bagian toolbar.

cd56. Kemudian gambarkan kembali structure benzene dengan cara yang sama, namun dengan menghapus salah satu ikatan menjadi tunggal.

cd67. Selanjutnya sesuaikan reaksi yang terjadi seperti gambar berikut

cd7

Demikian tutorial membuat reaksi kimia menggunakan ChemDraw, semoga bermanfaat.

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat video berikut yang dapat duinduh di sini.

Comments are closed